Rabu, 29 Oktober 2014

Mengukur Kualitas Sebuah Kegiatan

Kualitas sebuah kegiatan tidak hanya bisa diukur dari besaran biaya yang dihabiskan  dan jenis  kegiatan  belaka.
Banyak penyelenggara kegiatan masih melihat besaran biaya menjadi tolok ukur dan penentu kegiatan bisa berjalan.

Berhasilnya sebuah kegitan (non komersil) mesti ditilik dahulu dari maksud tujuan kegitan tersebut dilaksanakan. Misalnya sebuah kegiatan peringatan hari besar nasional yang kemudian dirangkai dengan lomba dan pertunjukan.  Bisa saja dimulai dengan pertanyaan apa tujuan acara dan siapa atau apa yang menjadi sasaran. Berapa banyak pihak yang bisa menerima manfaat dari tujuan kegiatan itu.
Pertanyaan selanjutnya adalah berapa banyak yang bersedia berpartisipasi (baik sebagai peserta maupun penonton).
Sisi lain yang tidak kalah penting adalah seberapa banyak orang yang membicarakan acara tersebut sebelum dilaksanakan.
Pada akhirnya berapa banyak orang uang saling membicarakan acara tersebut, dan berapa lama acara tersebut menjadi topik pembicaraan warga partisipan.
Suksesnya sebuah kegiatan juga bisa diukur dari pengaruh pasca kegiatan. Apakah kegiatan tersebut memicu tumbuhnya gagasan, prestasi, atau kegiatan yang berskala lebih besar?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar